PIRANTI KOMPUTER
1. PIRANTI MASUKA (INPUT DEVICE)
2. PIRANTI KELUARAN (OUTPUT DEVICE)
PANDUAN MEMILIH PIRANTI KOMPUTER
- Kondisi lingkungan, faktor keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungannya dengan pekerjaan yang lain harus dipertimbangkan saat memilih piranti dalam perancangan sistem informasi
- Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan dan gender
- Perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan dan faktor lingkungan kerja
- Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang dilakukan
- Piranti masukan berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data kedalam sistem komputer dengan cara memberi perintah ke komputer
- Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mebgkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti oleh sistem komputer
- Piranti masukan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan aman, efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan
- Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan
- Umumnya diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misalnya keyboard dan mouse
- Secara umum piranti masukan harus mudah digunakan dan bentuknya harus ekonomis dan mempunyai umpan balik yang baik
PIRANTI SESUAI DENGAN JENIS PEKERJAAN
JENIS PEKERJAAN PIRANTI YANG COCOK
Masukan Numerik
Masukan teks
Seleksi objek
Manipulasi objek
Tacking alur Tombol numerik
Alphanumeric keyboard (QWERTY)
Mouse, Joystic, track ball, light pen
Mouse, Joystic, track ball, light pen
Mouse, light pen
KEYBOARD:
- Salah satu Piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan system computer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks.
- Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis:dari suatu menu),
- Keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai.
- Tombol pada keyboard dikelompokkan manjadi 4 bagian: tombol fungsi, tombol alphanumeric, tombol control,dan tombol numeric.
AUDIO:
- Prinsip kerja mikrofon adalah mengubah variasi tekanan udara karena adanya suara
- Menjadi variasi isyarat listrik.
POINTING DEVICES:
- Digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur pada ruang 2-dimensi atau 3-dimensi
- Piranti petunjuk inimeliputi: joystick, trackballs, dan mouse.
- Piranti petunjuk merupakan piranti masukan kontinyu dan diskret.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar