Jumat, 05 Agustus 2011

tugas pti 11

MULTIMEDIA
Pendahuluan
Multimedia sering didefinisikan adalah kombinasi satu atau lebih dari teks, gambar, animasi, audio dan video.

Empat alasan mengapa multimedia itu penting
1) Variatif
2) Dinamis
3) Rapport
4) Representatif

Sejarah Multimedia
1. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia
2. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian pertunjukan

Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
• Televisi : 13 tahun
• TV Kabel : 10 Tahun
• Internet : 5 tahun
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet.

2. Pengertian Multimedia
Multi artinya banyak atau bermacam-macam
Media adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
Jadi multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video.

3. Peranan Multimedia
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks dan grafik
2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informative dan interaktif


Kemampuan Multimedia
1. Mengubah tempat kerja, dengan adanya teleworking atau telecommuting
2. Mungubah cara belanja, dengan adanya homeshopping atau teleshopping
3. Mengubah cara bisnis, dengan adanya jual beli online-bangking
4. Mengubah cara memperoleh informasi, dengan adanya Koran online
5. Mengubah cara belajar, dengan adanya computer multimedia dan belajar online
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televise dan radio

4. Sistem Multimedia
Syarat Sistem Multimedia
1. Kombinasi Media
Sistem disebut system multimedia jika kedua jenis media(continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit: teks dan gambar dan media kontinu adalah audio dan video
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adlah keterkaitan anatar media tersebut. Sistem disebut system multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. Sistem daoat deprogram oleh system programmer/user.

Komputer Multimedia (Multimedia PC)
Multimedia PC merupakan standar system computer yang menyediakan fasilitas multimedia.
Multimedia PC terdiri dari sebuah computer dengan:
• CD-ROM drive / DVD Drive
• Sound card (untuk recording dan playback)
• Multimedia (music/Movie) player
• RAM dan Harddisk yang mencukupi
• Graphics adapter
• Speaker


5. Multimedia Dalam Pembelajaran
Kondisi Pendidikan di Indonesia
• Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan Negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61), Thailand (76) dan Philipina (77)
• Hasil studi international Educantional Achievement (IEA) menunjukkan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhelmi, 2006)
Faktor Penyebab Kondisi Pendidikan
• Guru, siswa, sarana dan prasarana, kurikulum dan komitmen bersama
• Salah satu factor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapakan pembelajaran yang interaktif
• Pembelajaran yang interaktif dapat diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran.

Kontribusi Media dalam Pembelajaran
• Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
• Pembelajaran dapat lebih menarik
• Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
• Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
• Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
• Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
• Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
• Peran guru berubah kea rah yang positif

Peran Media dalam Pembelajaran
• Membuat konkrit konsep yang abstrak
• Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
• Memberikan pengganti pengalaman langsung
• Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
• Memberkan pengalaman segi pengamatan
• Menyajikan perbedaan warna secara visual
• Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar